SOSIALISASI PEMBUATAN ECOENZYME DWP BAKESBANGPOL

Jum’at, 16 September 2022 anggota Dharma Wanita Bakesbangpol Kabupaten Ciamis mengadakan sosialiasi dan praktek pembuatan ecoenzyme di halaman Kantor Bakesbangpol Ciamis.

Dilaksanakannya kegiatan tersebut diantaranya untuk menambah wawasan para anggota Dharma Wanita Bakesbangpol Kabupaten Ciamis khususnya, tentang apa manfaat dari limbah organik rumah tangga yang selama ini tidak di ketahui bahwa sangat banyak manfaatnya apabila kita dapat memanfaatkannya dengan benar, pasalnya limbah organik ini dapat digunakan untuk bahan utama pembuatan ecoenzyme.

“Ecoenzyme yang banyak manfaatnya ini bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti mencuci piring, pembersih lantai, bahkan untuk gosok gigi sebagai pengganti pasta gigi, deterjen, pembersih lantai dan lainnya”.

Kemudian ecoenzyme juga dapat di gunakan sebagai antiseptik alami, mencegah penyumbatan saluran air, menghilangkan bau tidak sedap, mengolah limbah air, agen antimikroba, penangkal nyamuk, insektisida, pestisida, pupuk, bahkan dapat menangani akumulasi logam berat.

(Lina Marliani ,S.Sos. M.si) selaku mentor dalam kegiatan ini menuturkan bahwa “ecoenzyme adalah cairan sejuta manfaat” yang sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Dengan kita membuat ecoenzyme di rumah maka dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga, karena kita tidak perlu lagi membeli sabun pencuci piring, pembersih lantai, pasta gigi dan lainnya, tutur Lina.

Wakil Ketua DWP Bakesbangpol Kabupaten Ciamis (Swesti Oktora Wihartanti, S.E., M.M) berharap seluruh anggota Dharma Wanita lingkup Badan Kesbangpol Ciamis bisa menjadi mentor untuk membagikan ilmu tentang tata cara pembuatan ecoenzyme ini kepada teman-teman dan tetangga di lingkungannya masing-masing.

Besar harapnya, semua ibu rumah tangga di Kabupaten Ciamis khususnya mau membuat ecoenzyme ini supaya dapat mengurangi limbah rumah tangga yang dibuang ke TPA dan dapat mendongkrak sisi perekonomian masyarakat nantinya, pungkas beliau. bakesbangpol/D Yanuar..

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *