PEMBENTUKAN KEANGGOTAAN FKDM KABUPATEN CIAMIS PERIODE 2018-2021

Diakui ataupun tidak untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan konflik dan gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (KAMTIBMAS) melalui peningkatan deteksi dini, perlu diupayakan untuk mengefektifkan dan memberdayakan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di daerah, termasuk di Kabupaten Ciamis.

FKDM ini di bentuk sebagai salah satu instrumen dalam memelihara kerukunan Nasional, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Mendagri No.9 dan 8 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, pemberdayaan Forum Kerukunan Umat beragama, dan Pendirian Rumah Ibadah. Selain itu juga Permendagri No.12 Tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di daerah dan Permendagri No.34 tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembaruan Kebangsaan di daerah.

Keanggotaan FKDM tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan terdiri atas wakil-wakil Ormas, Perguruan Tinggi, Lembaga pendidikan lain, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan  Elemen masyarakat  lainnya, FKDM ini menjadi sangat penting peran dan fungsinya dalam rangka mendeteksi gangguan KAMTIBMAS di masyarakat yang notabene kehidupannya Pluralistic dan penuh heroik juga Komplek. Jangan sampai FKDM hadir tanpa manfaat dan hanya untuk memenuhi unsur formal semata.

Pembentukan Keanggotaan FKDM Kabupaten Ciamis periode 2018-20121 di bentuk di Aula Kantor KESBANGPOL Ciamis pada hari Kamis tanggal 26 Oktober 2017, pada kegiatan tersebut pun turut di hadiri oleh Ketua dan pengurus FKDM Provinsi Jawa Barat.

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *