RAPAT KOORDINASI NASIONAL

Kegiatan Rapat Koordinasi Politik dan Pemerintahan Umum yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri pada hari Rabu tanggal 19 September 2017 bertempat di Hotel Rich Yogyakarta, dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan konsolidasi antara jajaran pemerintah dan Pemerintahan Daerah di seluruh Indonesia dalam rangka menyamakan persepsi guna menangani berbagai agenda kerja serta dalam rangka Persiapan pelaksanaan Pemilu yang akan dilaksanakan secara serentak pada tahun 2019.

Rapat Koordinasi Politik dan Pemerintahan Umum tersebut diharapkan mampu meningkatkan sinergitas antara jajaran pemerintahan dalam penanganan Konflik Sosial serta penguatan kelembagaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebanagsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini  masyarakat (FKDM), Pusat Pendidikan wawasan Kebangsaan (PPWK) serta penanganan Narkoba.

Terkait pemilu dan partisipasi perempuan dalam politik di Indonesia, sesuai dengan RPJMN 2015-2019 terkait keterwakilan perempuan dalam pemilu yaitu meningkatkan peranan dan keterwakilan perempuan dalam politik dan pembangunan. Sasaran yang akan dicapai adalah meningkatnya kualitas hidup dan peran perempuan di berbagai bidang pembangunan dan meningkatnya keterwakilan perempuan dalam politik termasuk dalam proses pengambil keputusan di lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Hak perempuan untuk berpolitik ada di dalam UUD 1945 terutama pasal 27 ayat 1 serta UU 39/1999 tentang Hak asasi Manusia pasal 39, dan Konvensi PBB tentang Hak-hak Politik Perempuan tahun 1952 yang diratifikasi dengan UU 68/1958 tentang Pengesahan Konvensi Tentang Hak-hak Politik Perempuan.

Melihat kondisi keamanan ketenteraman dan ketertiban masyarakat saat ini, pemerintah dan masyarakat perlu menggalakan kembali gerakan siskamling dan wajib lapor 1 X 24 jam. Siskamling penting sebagai bentuk deteksi dini, dan cegah dini masyarakat, Siskamling dinilai sangat efektif untuk menghalau gerakan-gerakan yang dinilai mengganggu stabilitas nasional didaerah.

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *